Virus Conora Picu Pengangguran Naik? Tersebut Faktanya

Virus Conora Picu Pengangguran Naik? Tersebut Faktanya

JAKARTA awut-awutan Pandemi covid-19 atau virrus corona memicu angka pengangguran naik. Apalagi pemerintah menyebut jumlah angka pengangguran di Indonesia bisa naik mematok 5 juta orang.

Padahal dalam 5 tahun final, angka pengangguran ini terus menjalani penurunan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dengan melihat sejumlah indikator seperti capital inflow ke Nusantara negatif, nilai tukar Rupiah terdepresiasi hingga perekonomian global terancam akan resesi. Hal ini menjadi dasar atau base line pemerintah di dalam melihat situasi ekonomi tahun itu.

Baca Serupa:   22 Juta Orang pada Amerika Ajukan Tunjangan Pengangguran

Berikut adalah data pengenai pengangguran yang dirangkum okezone. com:

  1. Hitungan Sri Mulyani

Sri Mulyani mengatakan, selama ini sudah tetap mengalami penurunan dalam 5 tarikh terakhir. Tapi dalam situasi pandemi Covid-19 kemungkinan akan angka pengangguran mengalami kenaikan.

“Skenario berat ada kenaikan sampai 2, 9 juta orang pengangguran baru dan skenario lebih berat ada kenaikan 5, 2 juta, ” tuturnya, dalam telekonferensi, Selasa (14/4/2020).

Baca Selalu: 265. 000 Pekerja Informal Kehilangan Pekerjaan akibat Corona

2. Skenario mengandung pengangguran

Ringkasan yang dibuat pemerintah saat ini ada skenario berat dan sangat berat. Di mana skenario mengandung, pemerintah mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi berkecukupan di level 2, 3%. “Dengan potensi angka pengangguran sekitar dua, 9 juta orang, ” terang Kepala BKF Kemenkeu Febrio Kacaribu.

Kemudian lanjut dia, untuk skenario sangat berat, pertumbuhan ekonomi nasional akan minus secara potensi angka pengangguran mencapai bertambah dari 5 juta orang.

Loading…