Turunkan Petugas Meteran, PLN Terus Berikan Solusi soal Lonjakan Tagihan Elektrik

Turunkan Petugas Meteran, PLN Terus Berikan Solusi soal Lonjakan Tagihan Elektrik

JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah memulai menurunkan petugasnya untuk melangsungkan pencatatan meter. Hal ini ialah respons dan memberikan solusi pada keluhan pelanggan terkait tagihan listrik yang diterima PLN.

Meski petugas PLN telah kembali melakukan pencatatan meter semenjak bulan Mei 2020, PLN lestari mengimbau kepada pelanggan untuk turut berpartisipasi aktif dalam melakukan pengajian meter secara mandiri dan melaporkannya melalui WhatsApp di nomor 08122-123-123 pada tanggal 24-27 setiap bulannya. Hasil baca meter mandiri yang dilakukan pelanggan akan menjadi pilihan utama untuk menjadi dasar perkiraan tagihan listrik.

  Membaca juga: Cegah Keluhan Tagihan Listrik, PLN Digitalisasi Pencatatan Kwh Meter

“Khusus daerah pelanggan yang tidak bisa dijangkau oleh petugas karena pembatasan daerah dan pelanggan yang tidak mengadukan angka stand meternya secara mandiri via WA, maka yang dijadikan acuan oleh PLN adalah rata-rata tagihan listrik selama 3 bulan terakhir, ” ungkap General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan dalam keterangan tertulis, Jakarta (25/6/2020).

Doddy sebelumnya telah mengungkapkan bahwa dari mutlak 2. 232. 353 pelanggan pascabayar PLN UID Jakarta Raya, hampir 95 persen pelanggan telah dibaca oleh petugas, sekitar 1, enam persen telah melakukan pencatatan meter mandiri. Sementara, sisanya menggunakan perhitungan rata-rata 3 bulan sebelumnya, lupa satunya adalah pelanggan atas tanda Kartika.

  Baca juga: Tagihan Listrik Besar, Cek Meter kWh Sudah Ditera Ulang?

Jadi antisipasi terhadap adanya perubahan ragam pemakaian listrik selama masa pandemi, Doddy tetap mengimbau pelanggan buat menggunakan listrik dengan bijak. Doddy juga kembali menegaskan bahwa tidak ada kenaikan Tarif Tenaga Elektrik (TTL) dan tidak ada subsidi silang.

Bagi pelanggan yang merasakan ada kemajuan tagihan listrik dan ingin mengamati sendiri riwayat pemakaian listriknya mampu melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh dari ponsel. Selain itu, pengecekan juga dapat dikerjakan via website www.pln.co.id, dan Contact Center PLN 123.

(rzy)

Loading…