Tol Serang-Panimbang Ditargetkan Beroperasi 2021

Tol Serang-Panimbang Ditargetkan Beroperasi 2021

SERBU – Proyek pendirian jalan tol Serang-Panimbang seksi 1 ditargetkan selesai pada bulan Mei 2021 mendatang. Kini pengerjaan wujud seksi 1 Serang -Rangkas Bitung sepanjang 26, 5 km sudah mencapai 72%.

Manager Bidang Human Capital dan Umum, PT Wika Serang Panimbang, Bambang Yogaswara mengatakan, pekerjaan konstruksi pekerjaan Tol Serang – Panimbang itu dimulai pada awal tahun 2018 dan pengerjaannya dikebut. Ditargetkan menawan 1 Serang-Rangkas Bitung akan siap digunakan pada Agustus 2021.

Baca Juga:   APBN Terpatok, Proyek Jalan Ini Dibiayai Sukuk Negara

“Pekerjaan konstruksi saat ini difokuskan untuk menyelesaikan Seksi 1 Serang – Rangkas Bitung, yang ditargetkan lengkap pada buan Mei 2021, ” ujar Bambang kepada Okezone, Jumat (3/7/2020).

Setelah siap, prosesnya akan dilanjutkan dengan uji laik operasi yang direncanakan dikerjakan pada bulan Juni-Juli 2021, serta diharapkan pada Bulan Agustus 2021 tol Serang Panimbang seksi satu Serang – Rangkasbitung.

Dijelaskan Bambang, proyek jalan Pungutan Serang – Panimbang sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) mempunyai Panjang jalan tol 83. 677 Km, terbagi menjadi 3 seksi yakni Seksi 1 Serang – Rangkasi Bitung (26. 5 km), Seksi 2 Rangkas Bitung – Cileles (23. 7 km) serta Seksi 3 Cileles – Panimbang (33 km).

Baca Juga:   Kementerian PUPR Tawarkan 6 Proyek dengan Rencana KPBU

Bilamana pandemi Covid19, pengerjaan sempat dihentikan pada bulan April yang morat-marit selama 14 hari. Penghentian karena adanya satu orang pekerja order yang terdiagnosa sebagai PDP.

Namun, setelah melalui penelitian lanjutan di rumah sakit, pelaku tersebut dinyatakan negative Covid-19. “Alhamdulillah per tanggal 23 April kegiatan proyek telah dilaksanakan kembali secara menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta SOP lainnya yang sah, ” ujarnya.

Sebagaimana diketahui pekerjaan konstruksi jalan Pungutan Serang – Panimbang yang diinisiasi Presiden Jokowi itu menjadi tanggung jawab BUJT pada seksi 1 & 2 sepanjang 50. 677 Km dan Seksi 3 sepanjang 33 Km menjadi tanggung jawab negeri.

(kmj)

Loading…