Tancap Gas, Ekonomi AS Tumbuh 33, 2% pada Kuartal III-2020

Tancap Gas, Ekonomi AS Tumbuh 33, 2% pada Kuartal III-2020

JAKARTA – Ekonomi Amerika Serikat (AS) tumbuh dalam laju tercepat dengan pernah ada pada kuartal III-2020. Terasa spesial karena ekonomi lulus tumbuh di tengah krisis yang dialami semua negara akibat pandemi virus corona (covid-19).

Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal III-2020 tumbuh 33, 1%. Meski tumbuh, namun ekonomi AS belum keluar dari ngarai resesi karena kuartal II-2020, ekonomi AS anjlok 31, 4%. sekaligus menjadi rekor pasca perang negeri II yang turun 16, 7%.

Ekonom Senior di AllianceBernstein Eric Winograd mengatakan, pasar bereaksi nyata terhadap berita tersebut. Hal ini dibuktikan dengan positifnya wall street pada pembukaan perdagangan.

“Jelas merupakan kabar baik bahwa ekonomi bangkit kembali pada kuartal ketiga. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di sini dan laju peningkatan akan melambat. Program stimulus yang memberikan banyak pengangkatan ekonomi pada kuartal terakhir telah kedaluwarsa atau kedaluwarsa. Dukungan fiskal semakin berkurang. Itu adalah bagian dari alasan bahwa laju pertumbuhan akan melambat dari sini, ” ujarnya melansir CNBC, Jumat (30/10/2020).

Baca Juga:   Negara Adi Daya AS Resesi, Ekonomi Indonesia Selamat?  

Peningkatan konsumsi seiring dengan keuntungan penjualan dalam bisnis dan investasi residensial serta ekspor mendorong rebound pada kuartal ketiga. Penurunan dalam pengeluaran pemerintah setelah berakhirnya dana penyelamatan CARES Act dikurangi dari PDB.

Laju pertumbuhan yang kuat terjadi setelah negara bagian di seluruh negeri menutup banyak kegiatan dalam upaya membendung penyebaran Covid-19 atau yang biasa disebut lockdown.

Sekitar 228. 000 orang telah meninggal di AS akibat virus, yang telah menginfeksi hampir 9 juta di negara itu. Perekonomian telah mengalami resesi teknis sejak Februari, karena pertumbuhan kuartal pertama menurun dengan kecepatan 5%.

(dni)