Serikat Pekerja: THR Lebaran Harus Dibayar 100%

Serikat Pekerja: THR Lebaran Harus Dibayar 100%

JAKARTA porakporanda Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPI) Said Iqbal menegaskan kalau Tunjangan Hari Raya (THR) kudu dibayarkan 100% kepada pekerja. Tak ada kelonggaran ataupun pembayaran dengan dicicil atau ditunda.

“THR harus dibayar 100% untuk buruh yang masuk bekerja, buruh yang diliburkan sementara karena covid 19, buruh yang dirumahkan sebab covid-19, maupun buruh yang pada PHK dalam rentang waktu H-30 dari lebaran, ” tegas Said Iqbal.

Dirinya pun menolak surat edaran Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Nomor M/6/HI. 00. 01/v/2020 yang isinya memberi kelonggaran bagi pengusaha untuk tidak membayar THR sebesar 100% atau dengan cara mencicil ataupun menunda pembayarannya dengan cara mendorong perundingan buruh dan pengusaha pada perusahaan.

Berdasarkan keyakinan yang diatur dalam UU Bagian 13 Tahun 2003 dan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, setiap pengusaha wajib memenuhi THR 100% bagi pekerja yang memiliki masa kerja di atas 1 tahun. Tanpa terlebih dahulu melalui perundingan.

Buat itu, dirinya mengajak seluruh konsorsium pekerja untuk menolak pengusaha dengan ingin membayar THR dengan menggunakan dasar surat edaran Menaker tersebut.

Baca Selengkapnya: Buruh Tolak Surat Edaran Menaker Izinkan Pengusaha Tidak Bayar THR 100%

(fbn)

Loading…