Sedia Liburan Wajib Tes Swab tapi Budget Pas-pasan, Gimana Nih?

Sedia Liburan Wajib Tes Swab tapi Budget Pas-pasan, Gimana Nih?

JAKARTA – Pemerintah mengeluarkan kebijakan perjalanan orang saat libur Natal & Tahun Baru 2021. Tujuannya buat menekan angka kasus positif Covid-19 yang terus bertambah.

Adapun beberapa aturan tersebut misalnya mewajibkan masyarakat melakukan Rapid Test Antigen H-2 keberangkatan ketika hendak berpergian ke luar kota menggunakan transportasi udara maupun darat. Tengah bagi masyarakat yang hendak ke Bali harus melakukan PCR Test H-2 keberangkatan.

Baca Serupa:   Bandara I Gusti Ngurah Rai Siapkan Rapid Antigen, Biayanya Rp170 Ribu

Di bandara-bandara PT Angkasa Negeri II, seperti misalnya di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Husein Sastranegara, tarif PCR test kini menjadi Rp800. 000 untuk hasil 24 jam setelah pemeriksaan, dari beban sebelumnya Rp885. 000.

Sementara itu untuk tarif rapid test antigen menjadi Rp200. 000 untuk hasil 15 menit sesudah pemeriksaan, dari tarif sebelumnya Rp385. 000. Kemudian, untuk rapid test antibodi tetap Rp85. 000.

Baca Juga:   Wajib Tes PCR, Menko Luhut: Orang Terbang Punya Uang

Menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho, apabila memang sudah merancang bujet lebih untuk berlibur, oleh karena itu lebih baik pergi liburan dengan tetap melakukan rangkaian tes tersebut. Karena itu dapat menjadi periode relaksasi ketika setahun ini suntuk bekerja.

“Bagi itu yang secara bujet sudah mencukupi, maka tidak ada masalah semasa tetap berangkat liburan sambil tetap melakukan swab atau rapid ulangan sebelumnya, ” kata Andy kepada Okezone , Jumat (18/12/2020).