Renovasi Rumah yang Bisa Dilakukan Sendiri Tanpa Bantuan Tukang, Apa Saja?

renovasi-rumah-yang-bisa-dilakukan-sendiri-tanpa-bantuan-tukang-apa-saja-1

JAKARTA – Melakukan perbaikan serta renovasi rumah sendiri merupakan cara yang tepat untuk menghemat uang dan melayani prosesnya. Beberapa perbaikan serta perombakan favorit DIY (do it yourself) seperti mengecat, memasang lantai papan, mengganti outlet listrik, dan asing sebagainya.

Sebesar pekerjaan lain mungkin terang tidak ramah DIY dalam awalnya, tetapi sebenarnya tak begitu. Pekerjaan tersebut jadi bisa dinikmati sebagai tantangan atau untuk mempelajari keterampilan perbaikan rumah baru.

Berikut beberapa perbaikan sendi yang sebenarnya bisa dikerjakan oleh pemilik rumah sendiri, dilansir dari The Spruce, Sabtu (12/6/2021).

Baca Juga: 7 Material yang Bikin Meja Dapur Makin Kece

Gantung Drywall

Menggantung lembaran drywall, atau papan dinding, adalah pekerjaan sederhana. Alih-alih membayar pekerja untuk melakukan order yang relatif mudah ini, pemilik dapat melakukannya tunggal atau dibantu dengan bagian, sehingga perbaikan rumah mau lebih hemat.

Pasang Pipa PEX

Bila belum pernah memasang saluran ledeng tetapi selalu penasaran untuk melakukannya, pipa PEX mungkin bisa menjadi kejadian yang tepat untuk memulai. Pipa PEX adalah saluran plastik fleksibel yang terhubung dengan fitting push-fit atau dengan cincin crimp.

Baca Selalu: 5 Ide Rombak Daerah Tidur Anti Gagal

Lakukan Pekerjaan Listrik Sendiri

Banyak pemilik rumah mungkin tidak menyadari bahwa mereka mampu bekerja pada sistem kelistrikan mereka sendiri, bahkan buat proyek yang terlibat seperti kabel dapur atau daerah mandi sepenuhnya atau melayani sirkuit baru. Namun, kurang proyek seperti pengerjaan mengandung atau pemasangan panel servis baru, sebaiknya diserahkan kepada teknisi listrik berlisensi.

Pasang Dasar Papan

Beberapa proyek rumah yang lain sama ramahnya adalah memasang lantai papan. Lantai tempat tinggal, baik dalam bentuk vinil atau laminasi, menghubungkan bagian ke sisi dengan sambungan lipat dan kunci. Sebab ini adalah lantai menahan, mereka dipasang langsung di atas subfloor atau susunan bawah tanpa lem atau paku.