Ratusan Warga India Kabur ke Indonesia, Menhub: Penerbangan Dibatasi!

ratusan-warga-india-kabur-ke-indonesia-menhub-penerbangan-dibatasi-1

JAKARTA – Tingginya angka kasus covid-19 dengan terjadi di India pada beberapa hari terakhir mewujudkan pemerintah Indonesia mengambil aksi. Apalagi, belakangan ini pula terjadi lonjakan penumpang internasional yang berasal dari India ke Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Susunan Sumadi mengatakan, pihaknya mau melakukan kebijakan pembatasan penerbangan dari dan menuju India. Untuk menjalankan kebijakan ini, pihaknya akan terus mengabulkan koordinasi dengan beberapa bagian terkait.

“Kita lakukan koordinasi dengan cara. Memang ada kecenderungan adanya pergerakan maka kitapunya tingkah laku melakukan selektif terhadap penerbangan dari India. Di antaranya adalah membatasi penerbangan. Kalaupun ada kita lakukan secara selektif, ” ujarnya pada konferensi pers virtual, Jumat (23/4/2021).

Baca Juga:   Heboh Ratusan WN India Mendalam Indonesia, Begini Penjelasan Imigrasi Bandara Soetta 

Menhub memastikan, tak ada kegiatan penerbangan reguler dari dan menuju India. Namun, untuk kegiatan transmisi barang atau kargo mau tetap berjalan namun dilakukan dengan selektif.

“Kedua kami nyatakan tidak ada penerbangan reguler. Barang dimungkinkan tapi kita lakukan selektif. Kita tahu kita membutuhkan pergerakan kargo daripada India diantaranya vaksin tersebut jadi suatu prioritas, ” jelasnya.

Menerjang teknis di lapangannya tinggi Menhub, nantinya akan mengacu pada Surat Edaran Direktorat Jenderal Imigrasi. Selain tersebut, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Asing Negeri, hingga Kementerian Kesehatan tubuh.

“Kita hendak mengacu tentang Dirjen Imigrasi 25 April kita mau mengatur searah dengan SE itu. Saya pikir antara Kementerian Perhubungan, kementerian Asing Negeri, Kementerian Kesehatan hendak berkoordinasi dengan intensif biar semuanya berjalan dengan molek, ” jelasnya.