PR Berat Sri Mulyani untuk PLN

PR Berat Sri Mulyani untuk PLN

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut Kementerian ESDM bersama PLN bercita-cita buat bisa capai 45 gigawatt ataupun 23% energi terbarukan bauran gaya nasional di 2025.

Tercatat pada 2019 Indonesia masih mengelola bauran energi terbarukan 9, 5% di sektor energi terbarukan yang menghasilkan 11% dari mutlak pengurangan listrik 2019.

“Ini tantangan besar bagi kita mampu mencapai bahkan 23% untuk bauran gaya terbarukan dalam energi nasional kita, ” ujar dia dalam rancangan PLN Go Green, Senin (2/11/2020).

Baca Pula: Perpres Tak Jamin Bauran 23% EBT Bisa Terealisasi

Dia menjelaskan Indonesia bukan kekurangan potensi ini. Bahkan Indonesia memiliki 442 gigawatt potensi energi terbarukan. Namun saat ini hanya menggunakan 10, 4 gigawatt ataupun 2, 4%.

“Pasti ada yang bisa kami lakukan lebih. Kita perlu berubah supaya kita dapat memanfaatkan dan menunggangi potensi yang sangat besar ini tidak hanya baik untuk Nusantara, tetapi juga baik untuk global. ini bahkan sangat penting, ” ungkap dia.

Pihaknya juga meminta kepada Direktur Sari PLN untuk bisa mencapai tumpuan bauran energi seperti yang sudah direncanakan.

“Pak Zulkifli (Dirut PLN) mengatakan, untuk mengakhiri target elektrifikasi sebesar 100% adalah hal yang menantang. Tapi saya ingin agar PLN juga mencapai target bauran energi seperti dengan sudah direncanakan, ” tandas tempat.

(kmj)