PNS Mau Dapat Penghasilan Tambahan? Mari Coba Usaha Sampingan

PNS Mau Dapat Penghasilan Tambahan? Mari Coba Usaha Sampingan

JAKARTA – Bayar seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) memang cukup menggiurkan. Namun, bila pengeluaran lebih besar maka kantong ASN juga bisa jebol.

Untuk mengatasi hal itu, ASN bisa membuka usaha sampingan atau berwirausaha. Apalagi saat ini banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh ASN untuk membuka cara.

Adanya bisnis sampingan ini serupa bukan hanya menguntungkan para ASN dari sisi tambahan. Selain itu, pembukaan wirausaha ini juga bisa menjadi jaminan hari tua kala pensiun nanti.

Baca juga: Bermula dari Giat, Remaja 16 Tahun Ini Sukses Gunakan Instagram untuk Berbisnis

Direktur Utama TASPEN A. N. S Kosasih mengutarakan, berdasarkan survey Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 93% pekerja formal belum mempunyai rencana buat pensiun. Sementara sisanya harus bekerja lagi untuk memenuhi kebutuhannya.

“Penelitian harvard, hanya 5% yang tidak memerlukan nafkah, 95% yang menggunakan itu. Mereka berakhir kesengsaraan keadaan tua, ” ujarnya dalam telekonferensi, Selasa (10/6/2020).

Baca juga: Menjanjikan, Budidaya Lalat Tambah Penghasilan Jutaan Rupiah dalam Tengah Covid-19

Mengenai dananya, Aparatur Sipil Negara (ASN) ada tabungan pensiun (Taspen) yang bisa digunakan. Apalagi, pemerintah bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng PT Taspen (Persero) untuk mendukung sekaligus meningkatkan ketenteraman Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Pensiunan dengan mengembangkan program Wirausaha Pintar melalui Kios Warga.

Saat ini saja peserta TASPEN saat ini terdiri daripada Peserta Aktif 4. 049. 713 orang dan Penerima Pensiun 2. 755. 101 orang dan sesudah pensiun. Rata-rata para peserta TASPEN akan berkurang pendapatannya dibandingkan dengan yang mereka dapatkan pada zaman masih aktif bekerja.

Sebagai “second career” setelah pensiun dan menyiapkan aktivitas yang produktif di zaman pensiun, Kios Warga hadir untuk ASN yang dimotivasi untuk menjadi entrepreneur dan membuka usaha jadi mereka dapat mandiri secara finansial, serta mengurangi risiko penurunan kesehatan dan mental karena mereka langgeng produktif di hari tua.

Namun, program ini tidak hanya dikhususkan untuk pensiunan ASN saja. Tapi bagi ASN dengan masih aktif pun tetap mampu mengakses untuk modal usaha.

Loading…