Persediaan Batu Bara Indonesia 65 Tahun Lagi, Nih Lokasinya

cadangan-batu-bara-indonesia-65-tahun-lagi-nih-lokasinya-1

JAKARTA – Indonesia sugih akan sumber daya dunia, salah satunya batu panas. Jika tak ada kreasi baru, cadangan batu tidak keruan di Indonesia bisa mencapai 65 tahun lagi.

Kementerian Energi serta Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat cadangan batu panas Indonesia saat ini mencapai 38, 84 miliar ton. Dengan rata-rata produksi batu bara sebesar 600 juta ton per tahun, maka umur cadangan batu panas masih 65 tahun apabila diasumsikan tidak ada temuan cadangan baru.

“Batu bara kita masih penuh. Kita punya 65 tahun umur cadangan. Sebagian gede ada di Kalimantan dan Sumatera, ” ujar Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin.

Sementara tersebut, pada tahun ini, akik bara ditargetkan mencapai penerapan sebesar 625 juta ton. Dari jumlah tersebut, hajat batu bara dalam jati atau domestic market obligation (DMO) ditargetkan dapat mencapai 137, 5 juta ton.

Adapun di dalam tahun 2020 sendiri, realisasi produksi batubara Indonesia beruang di angka 558 juta ton. Sekitar 134 juta ton dimanfaatkan untuk menutup kebutuhan dalam negeri.

Batu bara tunggal masih menjadi tumpuan untuk kawasan Asia Pasifik pada penyediaan energi yang terjangkau dan murah. Kawasan mempunyai kapasitas batu bara dan pembesar saat ini (76%) termasuk rencana pengembangannya (94%).

Menyuarakan Selengkapnya: Cadangan Batu Tidak keruan RI Tinggal 65 Tahun Lagi

(fbn)