Perkuat Industri Pertambangan, Inalum Akuisisi 20% Saham Vale Indonesia

Perkuat Industri Pertambangan, Inalum Akuisisi 20% Saham Vale Indonesia

JAKARTA – Holding BUMN Pertambangan, MIND ID menandatangani perjanjian definitif secara Vale Canada Limited (VCL), Sumitomo Metal Mining Co., Ltd (SMM), untuk pembelian 20% saham PT Vale Indonesia Tbk (PTVI).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan langkah ini sesuai dengan mandat MIND ID untuk menjalankan cadangan mineral strategis Indonesia serta mendorong hilirisasi industri pertambangan nasional.

Baca Juga:   Inalum Minta Tunda Bayar Dividen

“Kita berhasil menaikkan lagi kepemilikan negara di daerah pertambangan. Indonesia merupakan salah satu produsen nikel terbesar di negeri sehingga transaksi saham PTVI ini menjadi bagian penting dalam program pengembangan industri baterai untuk mobil listrik. Nikel memiliki potensi tinggi pada masa depan seiring pesatnya tren kendaraan listrik di negeri, ” kata Erick Thohir, dalam keterangannya, Sabtu (20/6/2020).

Untuk diketahui, PTVI telah menandatangani amandemen Kontrak Karya (KK) 1996 dengan Pemerintah Republik Indonesia. Pada mana KK tersebut akan berakhir pada bulan Desember 2025.

Baca Juga:   Bos Inalum Buka-bukaan soal Divestasi 20% Saham Vale

Agar PTVI berhak akan perpanjangan lisensi untuk tetap jalan di luar 2025, maka persyaratan tertentu harus dipenuhi. Termasuk divestasi 20 persen saham PTVI pada pemerintah Indonesia.

Menteri BUMN menegaskan, transaksi ini melukiskan komitmen pemerintah Indonesia dalam menguatkan lingkungan yang ramah bisnis mengikuti pengembangan strategis jangka panjang dibanding industri pertambangan Indonesia.

(fbn)

Loading…