Peristiwa Covid-19 Menurun, Menko Airlangga Sebut Ekonomi RI Bakal Tumbuh

kasus-covid-19-menurun-menko-airlangga-sebut-ekonomi-ri-akan-tumbuh-1

JAKARTA , – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) mencatat, persentase urusan aktif Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan signifikan. Nilai penurunan terjadi karena adanya penerapan kebijakan PPKM dan pelaksanaan program vaksinasi nasional.

Menteri Pemimpin bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, angka kesembuhan dan penurunan kasus di Nusantara lebih baik dibandingkan dengan kasus dan kesembuhan global. Dengan begitu, proses pemulihan ekonomi nasional pada 2021 mulai membaik.

“Tingkat kesembuhan dan urusan aktif (Indonesia) lebih baik dibandingkan angka global. Lalu, terjadi tren penurunan persentase kasus aktif dan level kematian, dan tren kemajuan persentase kesembuhan. Bahwa dalam 2021 ini, pemerintah yakin perekonomian Indonesia akan bisa tumbuh dan penyebaran Covid-19 juga akan dapat ditekan, ” ujar Airlangga, Jumat (2/4/2021).

Baca Juga:   Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Cepat Lapor Jika Alami Buah Samping Usai Divaksin 

Proses pemeriksaan ekonomi nasional sendiri dibantu dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang didorong di sisi demand serta supply. Alokasi anggaran PENA di 2021 tercatat sejumlah Rp699, 43 triliun.

Jumlah itu menyusun dibandingkan realiasi PEN dalam tahun lalu yang sejumlah Rp579, 78 triliun. Istimewa untuk dukungan terhadap Cara Mikro, Kecil, dan Membuang (UMKM), telah dialokasikan anggaran PEN sebesar Rp184, 83 triliun.