Penyatuan 3 Bank Syariah, Ma’ruf Amin: Tak Ada Alasan untuk Khawatir

Penyatuan 3 Bank Syariah, Ma'ruf Amin: Tak Ada Alasan untuk Khawatir

JAKARTA – Pemerintah melalui Departemen Sosial akan memperluas dan menambah pendirian Bank Wakaf Mikro dengan akan melayani kalangan usaha sangat kecil dan membutuhkan modal di bawah Rp3 juta.

Hal itu disampaikan tepat oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dalam suatu acara meniti konferensi video hari ini. “Sementara, kalangan usaha kecil di atas nilai Rp3 juta, akan dilayani oleh Baitul Maal wat Tamwiil (BMT), Keuangan Mikro Syariah (LKMS) dan koperasi syariah, ” ujar dia, Selasa (27/10/2020).

  Baca juga: Bank Syariah BUMN Hasil Merger, Wapres: Mampu Bergandengan di Global

Dia juga menjelaskan pemerintah bakal melakukan intervensi-intervensi melalui Lembaga Pemimpin Dana Bergulir (LPDB) yang tersedia dalam Kementerian Koperasi dan mencuaikan KUR (Kredit Usaha Rakyat) syariah yang ada di bank-bank syariah, baik untuk usaha mikro, mungil maupun menengah.

“Dengan berbagai kebijakan tersebut, tidak ada alasan adanya kekhawatiran dibanding beberapa pihak bahwa rencana penyatuan (penggabungan) beberapa bank syariah hak pemerintah akan menutup akses UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) pada mendapatkan permodalan, ” ungkap dia.

  Menangkap juga: Merger Bank Syariah BUMN Efektif 1 Februari 2021

Kemudian, lanjut dia, justru pemerintah menyiapkan ekosistem keuangan syariah yang lengkap, mulai A sampai Z. “Yang dapat menjangkau mulai dari yang paling kecil atau ultra mikro, kecil, padahal sampai ke yang besar, ” pungkasnya.

(rzy)