Penanaman Menanam Jeruk Bisa Angkat Perekonomian, Yuk Dicoba

Penanaman Menanam Jeruk Bisa Angkat Perekonomian, Yuk Dicoba

JAKARTA – Memendam menjadi salah satu kegiatan dengan paling banyak dilakukan selama kesibukan masyarakat banyak dilakukan di rumah, guna mencegah penyebaran virus corona. Bila didalami, ternyata kegiatan menanam memiliki nilai komersil yang mulia, seperti budidaya jeruk keprok.

Jeruk keprok cukup penuh dikenal masyarakat dan mempunyai biji komersial yang tinggi. Beberapa macam jeruk yang secarar besar-besaran pada kembangkan di antaranya, jenis jeruk keprok Siam, keprok Garut, keprok Punten, keprok Tejokulo dan keprok Madura.

Melansir dari buku “Budi Daya Tanaman Jeruk” oleh Aak, Jakarta, Rabu (19/8/2020), dengan cara budidaya tanaman jeruk ini ternyata sudah banyak petani yang terangkat kehidupan ekonominya menjadi lebih tertib.

Baca Serupa:   Pentingnya Faktor Iklim era Memulai Budidaya Kopi

Hal tersebut meliputi wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Pusat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Riau, Jambi, Sumatera Mengadukan, dan Bali. Namun, tidak seluruh keprok komersial diusahakan petani. Masa ini yang banyak diusahakan keprok Siam, keprok Garut dan keprok Madura.

Jenis-jenis jeruk ini mampu berbuah beberapa kala dalam setahun. Setiap kali setelah masa kering, tanaman ini selalu membentuk cabang-cabang baru dan berbunga. Sehingga, kontinuitas produksi yang dipasarkan dapat dijamin di pasar buah.

Baca Selalu:   Lowongan Kerja Data Analyst, Profesi yang Lagi Hype

Selain dari jenis-jenis keprok tersebut, masih ada kira-kira jenis jeruk keprok yang mempunyai nilai ekonomis tinggi seperti keprok pulung (Ponorogo), keprok Tawangmangu (Karanganyar, Surakarta), keprok Grabag (Magelang), keprok beras Sitepu (tanah Karo, Sumatera Utara), keprok kacang (Singkarak, Sumatera Barat), keprok selayar (Jeneponto, Sulawesi Selatan), keprok Dilli (Timor Timur).

Di negara-negara maju, hasil ikutan dari buah jeruk sudah lama dikembangkan menjadi produk-produk bermanfaat. Misalnya seperti di negeri paman “Sam” (USA), penanaman jeruk sudah merupakan industri tersendiri dalam satu areal.