Pemulihan Ekonomi Tergantung Seberapa Cepat Vaksinasi Covid-19

Pemulihan Ekonomi Tergantung Seberapa Cepat Vaksinasi Covid-19

JAKARTA – Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan pada dasarnya sektor retail tidak lepas sejak pendekatan di mana kita kudu menempatkan dana atau uang atau daya beli di setiap bagian masyarakat. Di mana saat ini, sekitar 55% sampai 60% ekonomi indonesia itu terkait dengan konsumsi domestik.

Dia melanjutkan, kita semua sudah melihat secara struktural telah terjadi beberapa keterbatasan pada beberapa bulan awal krisis pandemi. Akan tetapi di bulan belakang ini sudah terlihat perbaikan dengan cukup signifikan.

Baca Selalu:   Vaksin Merah Putih Hangat Bisa Digunakan Tahun Depan

“Namun apakah itu akan membawa pemulihan yang menggembung atau growth base? Saya tahu ini sangat dibatasi secepat apa kita mengvaksinasi, ” ujarnya, dalam Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Pendiri Ancora Capital ini mengucapkan, tentu dengan pendekatan di mana pemerintah bisa mengvaksinasi sekitar 300 ribu orang per hari oleh karena itu setidaknya bisa mengvaksinasi sekitar 100 juta orang di 2021.

Baca Juga:   Vaksinasi Covid-19 di 2021 Jadi Kabar Bahagia bagi Pengusaha

“Tapi sepengetahuan aku ini masih ada keterbatasan dibanding sisi ketersediaan vaksin. Itu jadi yang sudah di konfrim oleh pemerintah belum mencapai 100 juta vaksin pada 2021, ” cakap dia.

Dengan demikian, dengan kenyataan bahwa sebenarnya Indonesia masih terbatas dengan fasilitas mengvaksinasi masyarakat luas maka nantinya hendak berkorelasi sejauh mana Indonesia mampu memulihkan dunia usaha ritel.