Mengenal Pekerjaan Aktuaris, Jenjang Kariernya Oke Banget!

Mengenal Pekerjaan Aktuaris, Jenjang Kariernya Oke Banget!

JAKARTA awut-awutan Aktuaris merupakan seorang ahli matematika dalam perusahaan atau suatu bisnis yang pekerjaannya menghitung-hitung risiko, persen, cadangan, dan dividen. Selain tersebut, Aktuaris juga harus mengerti melanggar teori probabilitas, statistika, ilmu ekonomi, serta keuangan untuk menyelesaikan kasus aktual, khususnya dalam bisnis.

Seperti dikutip dari laman Instagram Kemnaker, Jakarta, Rabu (22/7/2020). Tugas utama dari seorang Aktuaris ialah, memperkirakan risiko apa & kapan risiko itu akan terjadi pada perusahaan. Jika benar terjadi, Aktuaris sudah harus bisa memperhitungkan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki keadaan akibat adanya risiko tersebut.

Baca Serupa:   4 Keuntungan Jomblo Di dalam Meniti Karier, Lebih Fokus & Hemat

Selain itu, Kementerian Ketenagakerjaan juga menuturkan sebagai tugas tambahannya, seorang Aktuaris diharapkan dapat menganalisa pesaing perusahaan, menentukan harga produk, serta menyusun laporan.

Objek order dari seorang Aktuaris meliputi asuransi jiwa dan kesehatan, program ketenteraman karyawan, dana pensiun, dan tadbir risiko, kebakaran, serta bencana. Tanpa khawatir, instansi kerja yang mampu menerima seorang Aktuaris cukup banyak, yaitu seperti di perusahaan asuransi, bank, lembaga jasa keuangan & pemerintah.

Baca Juga:   Ketika Harus Pamit Mundur dari Kantor, Jangan Lupakan 9 Hal Ini

Di samping itu, seorang Aktuaris setidaknya telah dan ataupun akan mendapatkan dua jenis sertifikasi, di antaranya:

satu. Sertifikasi dari Persatuan Aktuaris Nusantara (PAI)

2. Teguran profesionalisme (associate dan fellow)

Nah, jenjang karier jikalau telah lulus sarjana Aktuaris, dengan umum seorang Aktuaris sedang berlatih untuk menjadi seorang bisnis eksekutif. Tidak sembarang kalau ingin mematuhi profesi ini, sebab Aktuaris kerap kali berada pada posisi agung, maka diperlukan komitmen untuk menyimpan teguh standar kinerja tertentu &, profesionalisme, dan etika.

(kmj)

Loading…