Lulus Jalani Bisnis Laundry Kiloan, Lakukan 5 Langkah Ini

Lulus Jalani Bisnis Laundry Kiloan, Lakukan 5 Langkah Ini

JAKARTA – Laundry kiloan menjadi salah satu pilihan bisnis dengan tepat dan menjanjikan. Pasalnya, laundry merupakan bisnis yang sederhana. Selain mudah dilakukan, untuk skala rumahan bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar.

Awalnya, bisnis laundry memiliki pangsa pasar yang terbatas, seperti para-para tamu hotel. Namun, seiring berjalannya waktu, bisnis laundry dengan segera menyebar di berbagai kawasan kaya perumahan, tempat kost, dan wadah lainnya di tengah kota.

Baca Juga: 9 Tips Menyelenggarakan Usaha Laundry Kiloan, Nomor 3 Jangan Asal-asalan

Oleh karena itu, jika dijalani dengan benar dan tekun, usaha laundry kiloan dapat memberikan omzet bisnis yang besar.

Dikutip dari buku berjudul Bisnis Laundry Kiloan karya Bang Aswi, sebelum menjalankan bisnis laundry kiloan dibutuhkan perencanaan yang baik. Tujuannya, agar bisnis selalu terprogram & dapat berkembang.

Baca Juga: Buka Bisnis Laundry, Cari Lokasi Strategis

Langkah awal sangat besar pada kesuksesan sebuah bisnis laundry. Berikut ini, beberapa tips untuk pengusaha yang baru merintis usaha laundry kiloan.

1. Susun Desain

Sebelum mulai masuk ke bisnis laundry kiloan, maka tiba dengan merencanakannya terlebih dahulu secara matang. Pilihlah bisnis laundry kiloan yang akan dijalankan. Kemudian tentukan jenis pelayanan yang akan dimanfaatkan. Cari lokasi yang strategis & putuskan juga apakah akan menelungkupkan cabang atau tidak.

Buatlah rencana bisnis atau business plan yang baik dan teliti. Tentukan target dan perkiraan berterima yang diperlukan. Tidak ada salahnya juga untuk berdiskusi dengan itu yang sudah lebih dulu masuk dalam bisnis laundry.

2. Survei Lapangan

Untuk bisnis laundry, tentu faktor terpenting yang kudu disurvei adalah tempat bisnis. Letak yang strategis akan meningkatkan omzet pendapatan. Pengusaha laundry harus mampu melihat calon konsumennya.

Pengguna bisnis laundry biasanya orang-orang yang tidak memiliki waktu buat mencuci. Lingkungan perkantoran, perumahan, ataupun kost mahasiswa dapat menjadi pilihan tepat.

Pemilihan kedudukan yang tidak kalah penting ialah memastikan disekitarnya tidak ada pesaing dengan bidang usaha yang serupa. Adanya pesaing sudah jelas mau mengurangi penghasilan yang harusnya didapatkan.