Laba Pelindo IV Naik 12,6% Jadi Rp97,9 Miliar

laba-pelindo-iv-naik-126-jadi-rp979-miliar-1

JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mencatat laba setelah pajak pada triwulan I-2021 sebesar Rp97,95 miliar atau meningkat 12,62% dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama tahun lalu.

“Hal ini karena meningkatnya kinerja perusahaan dan pendapatan di beberapa cabang perusahaan,” kata Direktur Utama PT Pelindo IV Prasetyadi dilansir dari Antara, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Pelindo I Catat Arus Petikemas Naik 7,72% pada Mei 2021

Dia mengatakan, pencapaian laba itu sudah termasuk laba anak perusahaan yakni PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT) sebesar Rp8,04 miliar, PT Equiport Inti Indonesia (EII) sebesar Rp1,11 miliar dan PT Nusantara Terminal Service (NTS) senilai Rp2,87 miliar.

Menurut dia, hingga periode Mei 2021 pihaknya sudah melakukan beberapa rencana kerja yang ditetapkan pada 2021 yaitu melakukan standarisasi bisnis proses layanan operasional dengan memberikan jaminan Services Level Agreement (SLA) dan Services Level Guarantee (SLG), Customer Relationship Management dan Key Account Management.

Baca Juga: Erick Thohir Rombak Komisaris Pelindo II, Ini Susunan Terbarunya

Selain itu lanjut Prasetyadi, pihaknya juga telah melakukan digitalisasi seluruh layanan bisnis yang terintegrasi dengan layanan dan ekosistem logistik.

Dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) BUMN operator pelabuhan ini juga telah melakukan peningkatan kompetensi dan kinerja SDM sesuai standar yang dibutuhkan, meningkatkan keterwakilan SDM milenial dan perempuan dalam manajemen perusahaan.