Kilang Penyedot Karbondioksida Terbesar di Dunia Mulai Beroperasi

pabrik-penyedot-karbondioksida-terbesar-di-dunia-mulai-beroperasi-1

JAKARTA – Pabrik penyedot emisi karbondioksida terbesar pada dunia mulai beropreasi. Kilang tersebut dibangun oleh Climeworks, sebuah perusahaan asal Swiss yang menggunakan teknologi sebab perusahaan Islandia lainnya.

CEO dan pembuat Climeworks Jan Wurzbacher mengatakan, pabrik ini mampu menyedot 4. 000 ton karbondioksida dari udara setiap tahunnya, kapasitas yang sangat luar biasa.

Menangkap Juga: Pemerintah Minta Negara Lain Cegah Kenaikan Guru Global Tak Lebih sebab 1, 5 Derajat Celsius

“Karbon dioksida ini lalu diserahkan kepada mitra-mitra mereka sejak perusahaan Carbfix untuk dipompa ke dalam tanah. Karbon dioksida itu di dalam tanah, katanya, akan termineralisasi dengan batuan basal menjadi batu, ” tambah Jan Wurzbacher.

Objek filter dalam kipas manusia besar di pabrik bernama Orca berfungsi menangkap karbon dioksida. Kepada Associated Press, insinyur teknik kimia, Nathalie Casas, kepala bagian riset dan desain Climeworks, mengatakan, mereka memiliki kotak kolektor dengan bahan filter di dalamnya, yang memiliki afinitas tinggi terhadap karbon dioksida.

Baca Juga: Transisi Energi Percepat Penggunaan EBT

“Ketika kami meniupkan udara melalui kolektor, karbon dioksida akan menempel pada objek filter, dan mereka hendak terus meniupkan udara melaluinya. Ketika filter tersebut penuh, kotak itu ditutup & mulai dipanaskan, hingga mencapai sekitar 100 derajat. Tengah itu, karbon dioksida dikeluarkan dari bahan filter tersebut dan dipompa keluar daripada kolektor, ” ujar Nathalie Casas.

Jalan pemanasan untuk menghasilkan karbon dioksida bermutu tinggi yang lalu dipompakan ke pada tanah sehingga mendekati sundal basal itu memerlukan gaya. Nathalie Casas mengatakan energi ini berasal dari bengkel pembangkit listrik tenaga panas bumi atau geothermal terdekat, yang adalah sumber gaya terbarukan.