Jangan Lupa Lapor SPT Keadaan Ini, Telat Kena Kompensasi

jangan-lupa-lapor-spt-hari-ini-telat-kena-denda-1

JAKARTA – Direktorat Jenderal Pajak memberikan tenggat waktu terakhir pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) wajib pajak orang pribadi di dalam hari ini. Bagi mereka yang tidak melaporkannya bakal dikenakan sanksi atau denda.

Kepala Subdit (Kasubdit) Humas Ditjen Retribusi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Ani Natalia mengatakan denda dengan akan didapatkan oleh pelapor pajak yang tidak melaporkannya akan denda Rp100. 000.

Baca Juga: Lupa Password EFIN saat Lapor SPT? Jangan Panik Ikuti Langkah Berikut

Hal ini sesuai, SPT pajak tahunan tertuang pada Undang-undang (UU) Ketentuan Ijmal dan Norma Perpajakan Kausa 7 yakni sebesar Rp100. 000 untuk WP OP, sedangkan denda untuk awak usaha senilai Rp1 juta.

“Denda bakal dikenakan atas keterlambatan pemberitahuan SPT Tahunan dek. Untuk WP orang pribadi menyesatkan lambat dilaporkan akhir kamar ke-3. Dendanya sebesar 100 ribu rupiah, ” kata pendahuluan Ani, Rabu (25/3/2021).

Baca Pula: Hari Ini Terakhir Lapor SPT, Begini Caranya

Kata tempat, denda yang diterapkan tersebut berlaku untuk satu kala keterlambatan bayar denda sebab tak lapor SPT retribusi di periodenya. Bagi WP yang memiliki beban pajak belum dibayarkan, maka itu akan dianggap sebagai pinjaman yang akan ditagihkan.