Jalan Koperasi Untung, Menteri Teten: Coba Budidaya Rumput Bahar

cara-koperasi-untung-menteri-teten-coba-budidaya-rumput-laut-1

JAKARTA Indonesia dengan lautnya yang sangat luas dan kekayaan pada dalamnya memiliki potensi ekonomi yang sangat besar, namun belum dikelola secara maksimal. Untuk itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong tumbuhnya usaha-usaha produktif di sektor kelautan khususnya di Nusa Tenggara Timur.

“Lautan NTT kaya, manfaatkan dengan membina produk unggulan kelautan. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) pula sudah dikelola oleh koperasi dan itu harus langsung dimaksimalkan, ” kata MenkopUKM Teten Masduki di Jakarta, Minggu (23/5/2021)

Teten menambahkan, imbalan laut di NTT seharusnya bisa menjadi usaha produktif yang memberikan kesejahteraan untuk anggota koperasi dan bangsa.

“Kita menunggangi kekayaan laut untuk memerosokkan skala bisnis koperasi sekaligus ikut meningkatkan kualitas SDM masyarakat, ” katanya.

Baca Serupa:   Daftar 13 Buatan Impor yang Tak Dapat Lagi Dijual di E-Commerce

Teten mencontohkan budidaya rumput laut yang dapat menghasilkan keuntungan lebih besar dengan pemeliharaan tidak terlalu sulit. Apalagi rumput laut memiliki bermacam-macam nilai tambah jika diolah menjadi tepung bahkan dapat diekspor ke luar kampung.

“Rumput laut untungnya berkali-kali lipat dipadankan garam. Dapat diolah menjelma tepung dan diekspor, ” ujarnya.

Sebelumnya, Teten telah menegaskan kalau KSP perlu melakukan alterasi bisnis dengan mulai hadir membiayai sektor-sektor produktif pada sekitarnya. Seharusnya usaha kaya sektor kelautan menjadi fokus dari KSP di NTT.