Investasi Rp219, 7 Triliun dalam Kuartal I-2021, BKPM: Pabrik Kita Tumbuh

investasi-rp2197-triliun-di-kuartal-i-2021-bkpm-industri-kita-tumbuh-1

JAKARTA – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaporkan bahwa meningkatnya realisasi investasi dalam kuartal I-2021 ditopang tumbuhnya investasi sektor industri.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, hal ini sejalan dengan apa yang diinginkan Presiden Joko widodo terkait transformasi ekonomi.

“Transformasi ekonomi itu ending adalah bagaimana kita memberikan nilai tambah yang diawali Industrialisasi. Industri kita tumbuh atau tak terpotret dari alokasi daya investasi yang masuk, ” ujar Bahlil dalam paparan realisasi investasi triwulan mula-mula 2021 secara virtual, Senin (26/4/2021).

Baca Juga:   Bahlil: Sejarah! Investasi di Asing Jawa Tembus Rp114, 4 Triliun

Dia memaparkan, realisasi investasi Rp219, 7 triliun ditopang beberapa sektor investasi. Di posisi pertama, terbesar sedang tercatat di sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran yang mencapai Rp29, 4 triliun.

Kemudian ditempat kedua diduduki oleh industri logam dasar, barang logam, bukan mesin & peralatannya. Di mana daerah ini mampu tumbuh dan tercatat sebesar Rp27, 9 triliun.

“Ini untuk pabrik untuk pabrik ini naik luar umum sekali kedua. biasanya di peringkat kelima atau keenam, “ujarnya.

Baca Juga:   Mission Completed, Investasi Rp517, 6 Triliun Mangkrak Beres

Posisi ketiga diduduki oleh sektor pemindahan, gedung dan telekomunikasi senilai Rp 25, 6 triliun. Keempat diikuti oleh pabrik makanan dan minuman yang berhasil memperoleh Rp21, 7 triliun, serta listrik, udara dan air senilai Rp20, 2 triliun.

“Di era pandemi itu sektor mamin tumbuh asing biasa, ” terangnya