IHSG Rebound di Tengah Gawat Evergrande

ihsg-rebound-di-tengah-krisis-evergrande-1

JAKARTA porakporanda Indeks Harga Saham Ikatan ( IHSG ) mampu rebound di perdagangan hari ini. IHSG menguat di tengah sentimen potensi gagal bayar kongsi properti China Evergrande dengan hampir menekan seluruh pasar uang di dunia.

Head of Equity Trading MNC Sekuritas Medan Frankie W Prasetio mengatakan, secara IHSG yang ditutup melemah kemarin, indikasi market pada Indonesia justru semakin temperamen.

“Kemudian jika dilihat dari segi keuangan potensi gagal bayar Evergrande ini risikonya relatif minimal untuk Indonesia, karena zona keuangan kita tidak penuh investasi di luar negeri, ” ujar Frankie di Power Breakfast IDX Channel, Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Namun secara sentimen, kata Frankie, Evergrande merupakan salah satu partner terbesar Indonesia, maka kalau datang Evergrande terjadi rebound, konsekuensi ekonomi bagi Indonesia, China bahkan dunia itu mau besar dan bagi ekspor ditakutkan harga komoditas mengalami penurunan.

“Dengan nilai utang Rp4. 300 triliun sebenarnya lebih sejak setengah IHSG ya maka of course itu nilai yang sangat besar, berkaca dari 2 tahun lulus China Lehman Brothers harusnya mereka akan bisa melayani tindakan yang lebih langsung jadi tidak menimbulkan penyaluran ke mana-mana, ” katanya.