Harga Emas Berjangka Tertahan Kenaikan Bunga Obligasi AS

harga-emas-berjangka-tertahan-kenaikan-bunga-obligasi-as-1

JAKARTA – Harga aurum berjangka sedikit menguat pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), memperpanjang keuntungan untuk hari ketiga berendeng dan bertahan di level tertinggi dalam seminggu final, meski pertumbuhannya terganjal kenaikan imbal hasil obligasi negeri AS setelah data klaim pengangguran lebih baik dari perkiraan.

Perikatan emas paling aktif untuk pengiriman April di bagian COMEX New York Exchange, naik tipis USD0, 8 atau 0, 05% menjadi ditutup pada USD1. 722, 60 per ounce.

Menyuarakan Juga:   Penurunan Kembang Obligasi AS Bikin Harga Emas Melesat

“Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun sekarang telah bangkit lagi, yang telah menstabilkan dolar serta mengambil beberapa kenaikan daripada emas, ” kata seorang pedagang di bank investasi BMO di New York Tai Wong dilansir dibanding Antara, Jumat (12/3/2021).

“Kami mungkin sudah melihat posisi terendah masa pendek di 1. 680 dolar AS per ounce, tetapi lingkungan imbal hasil yang lebih tinggi prospek akan mencegah reli yang signifikan; Mungkin kisaran USD1. 700 – USD1. 800 dalam waktu dekat karena pasar mencoba menemukan ekuilibrium dalam imbal hasil. “

Membaca Juga:   Harga Aurum Naik Rp15. 000, Dibanderol Rp930. 000/Gram

Data menunjukkan total orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran pekan lalu turun ke level terendah empat bulan. Angka ekonomi dengan lebih baik dari anggapan mengangkat imbal hasil obligasi pemerintah AS 10 tarikh di atas 1, 5%, sementara indeks dolar berjalan menjauh dari level terendah satu minggu.

Data ekonomi positif yang dirilis pada Kamis (11/3/2021) membatasi pertumbuhan emas. Bagian Tenaga Kerja AS mengadukan bahwa 712. 000 mengajukan klaim pengangguran awal dalam pekan yang berakhir enam Maret, lebih rendah lantaran yang diharapkan 725. 000 dan angka yang direvisi untuk minggu sebelumnya 754. 000.

Informasi lain dari Departemen Gaya Kerja AS menunjukkan introduksi pekerjaan AS naik menjadi 6, 9 juta lantaran 6, 7 juta di Januari, sebuah tanda bahwa ekonomi sedang membaik.