Gajah Basuki Bikin Candi Borobudur Sejuk dengan Menata 763 Homestay

Gajah Basuki Bikin Candi Borobudur Sejuk dengan Menata 763 Homestay

MAGELANG – Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa pihaknya akan menjalankan penataan Kawasan Candi Borobudur. Tidak hanya itu, saat ini medium dilakukan penataan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Basuki menyampaikan, dalam penataan yang dilakukan pihaknya bukan di candinya, melainkan kawasan Candi Borobudur yang merupakan salah satu destinasi wisata yang diprioritaskan di tahun 2020.

Baca Juga:   Sektor Pariwisata Belum Pulih, Masyarakat Sedang Takut Jalan-Jalan

“Kita punya 10 prioritas destinasi wisata yang istilahnya 10 New Bali. Kita fokus dulu baru di 5 yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika pada NTB, dan Likupang. Itu dengan dikerjakan kawasannya dan konektivitasnya pula aksesnya, ” ujar Basuki pada Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (13/11/2020).

Dia menambahkan, tujuan dari penataan di KSPN Borobudur adalah agar wisatawan mengetahui perjalanannya sudah sekitar mana sebelum tiba di Candi Borobudur.

Baca Juga:   Kang Emil: Turisme Jabar Lebih Dulu Bangkit daripada Bali

Buat itu, dalam melakukan penataan di kawasan strategis pariwisata nasional Borobudur, Kementerian PUPR melebarkan jalan, penambahan pengolahan sampah, penambahan air suci, perbaikan home stay dan timah tol.

“Jalan-jalan diperlebar, jadi orang jalan juga tenteram. Kemudian homestay dan hotel dibuat nyaman. Masyarakat di sini tak hanya menonton, tapi mereka memperoleh manfaat dari wisata. Ada 763 homestay kalau tidak salah yang diperbaiki. Di daerah-daerah rumahnya kita upgrade untuk menjadi homestay. Kita siapkan di kawasan ini toilet-toilet yang baik kebersihannya, ” katanya.