Fakta Ekonomi Tumbuh 2, 97% Terendah Sejak 2001

Fakta Ekonomi Tumbuh 2, 97% Terendah Sejak 2001

JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di dalam triwulan I-2020 sebesar 2, 97% (year on year/yoy) yang masih 5, 01%. Angka ini turun 2, 41% dari triwulan IV-2019 (quartal to quartal/QtQ).

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, buatan domestic bruto (PDB) Indonesia pada triwulan pertama 2020 atas dasar harga konstan Rp2. 703 triliun. Sedangkan jika dilihat atas pokok harga pelaku Rp3. 922 triliun.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Tak Sesuai Ekspektasi BI, Tersebut Sebabnya

“Jadi pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah 2, 97%. Kalau dilihat sama secara negara lain mengalami perlambatan pas dalam, ” ujarnya dalam teleconfrence, Selasa (5/5/2020).

Beserta adalah fakta-fakta mengenai pertumbuhan ekonomi yang dirangkum Okezone:

Baca Juga: Tumbuh dua, 97%, Presiden Jokowi: Ekonomi MENODAI Relatif Baik Dibandingkan Negara Asing

1. Melemah karena Corona

Pria yang diakrab disapa Kecuk ini menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I-2020 dipengaruhi oleh beberapa faktor dan parameter. Salah satunya adalah adanya efek dari ekonomi global yang terpengaruh oleh virus Corona.

“Jadi virus corona tidak memahami mana negara maju, ” sebutan Kecuk.

Menurut Kecuk, adanya pandemi virus Corona ini membuat perdagangan Indonesia agak sedikit terganggu. Apalagi, beberapa negara pacar dagang Indonesia seperti China telah melakukan aktivitas pembatasan lebih awal (lock down) untuk mencegah penyebaran virus.

“Jadi barang apa yang bisa dilihat semua parameter terpengaruh covid-19, ” kata Kecuk.

Loading…