Desa Milik Negara tapi Perkara Listrik Blok Rokan Belum Tuntas

tanah-milik-negara-tapi-urusan-listrik-blok-rokan-belum-tuntas-1

JAKARTA semrawut Pertamina akan mengambil mendaulat kelola Blok Rokan dibanding PT Chevron Pacific Nusantara (CPI). Melalui anak usahanya, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) akan mengelola Golongan Rokan pada Agustus 2021 mendatang.

Sayangya, Direktur Piutang Negara & Kekayaan Negara Lain-lain (PNKL), Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Lukman Efendi mengatakan adanya kendala dalam pasokan listrik.

Baca Selalu: Ambil Alih Blok Rokan Masuk Tahap Administrasi

Sebagai data, pasokan listrik Blok Rokan saat ini salah satunya PT Mandau Cipta Gaya Nusantara (MCTN). Adapun mayoritas saham MCTN dimiliki sebab Chevron Standard Limited (CSL).

“Sebenarnya data-datanya sudah ada semua oleh karena itu kita enggak bisa bilang itu enggak transparan, itu ada semua di SKK Migas. Yang memang jadi perhatian MCTN, yang sahih kalau sudah sepakat nih kalau tanahnya memang itu milik negara, ” cakap Lukman dalam video virtual, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga: Perlu Produksi Rokan, Drama Sediaan Listrik Harus Segera Diselesaikan

Lanjutnya, untuk dua pembangkit lainnya tidak ada urusan. Adapun, dua pembangkit itu masih akan didiskusikan.

“Tapi yang terang tanahnya milik negara, kalau dua pembangkit clear, tersebut dua-duanya milik negara. Siap kita nunggu dulu ini karena masih didiskusikan pada atas, ” terangnya.