Dear Parents, Pentingnya Keterbukaan Keuangan ke Anak

Dear Parents, Pentingnya Keterbukaan Keuangan ke Anak

JAKARTA – Menanamkan peran dan fungsi uang dalam kehidupan kepada anak merupakan hal penting. Pasalnya, keluarga merupakan sebuah organisasi kecil, yang memerlukan strategi istimewa dalam pengelolaan keuangannya.

Tanamkan setiap tujuan pengeluaran keuangan adalah untuk semua anggota keluarga, tidak hanya orang tua, mengecualikan anak juga. Seperti dilansir daripada Real Simple, Sabtu (12/12/2020), pentingnya mentransparansikan masalah keuangan kepada bani.

Baca Juga: 5 Hal Penting soal Keuangan yang Wajib Dibicarakan ke Pasangan Sebelum Menikah

Ketika bani beranjak remaja, katakan secara terus terang berapa penghasilan setiap bulannya. Untuk apa saja penghasilan tersebut dipakai.

Jabarkan biaya-biaya yang harus dibayar, seperti imbalan pendidikan dan lainnya. Sehingga anak mengetahui dan mulai belajar membandingkan uang jajan dan kebutuhannya.

Jelaskan juga kepadanya kalau selama anak masih sekolah, semua keuangan utama menjadi tanggung jawab orang tua. Tugas mereka cuma perlu belajar dengan baik.

 

Katakan juga bahwa tidak semua pengampu memiliki penghasilan yang sama. Kebutuhan pun akan disesuaikan dengan pemasukan. Sedari dini ajarkan anak untuk menabung serta menyisihkan uang.

Bila sedang mengalami krisis keuangan, serupa anak duduk bersama dan jelaskan masalah yang terjadi. Katakan dengan bahasa yang mampu mereka pahami. Berikan kesempatan mereka untuk menyampaikan tanggapannya.