China Siap Uji Coba Yuan Digital, Runtuhkan Dominasi Dolar AS?

JAKARTA – Bank Sentral China hendak memperkenalkan mata uang Yuan digital atau electronic Chinese Yuan (e-CNY) untuk pengguna luar negeri pada tarikh depan.

Deputi Gubernur People Bank of China (PBoC) Li Bo mengatakan, kehadiran yuan digital atau electronic Chinese Yuan (e-CNY) bukan untuk mewakili peran dolar AS jadi mata uang utama ijmal.

Perkenalan yuan digital ini akan diuji coba saat perhelatan Olimpiade Beijing 2022 yang jalan pada atlet dan pengunjung asing. Uji coba untuk pengguna internasional menjadi dengan pertama kalinya dilakukan pemerintah China. Demikian dilansir CNBC, Jakarta, Senin (19/4/2021).

Baca Juga:   China Jajal Yuan Digital di 4 Tanah air Besar 

PBoC meneliti yuan digital sejak 2014 dan telah meluncurkan berbagai pilot project di China, termasuk Shenzen dan Beijing. Fungsi e-CNY diklaim semata untuk mewakili sirkulasi uang kartal, yakni uang kertas dan koin sekaligus mendorong pembayaran nontunai di China. Dengan sekapur lain, mata uang ini bukan cryptocurrency atau didesain seperti bitcoin.

“Untuk Olimpiade Musim Lega Beijing mendatang, kami hendak membuka akses e-CNY tidak hanya untuk pengguna domestik, melainkan atlet internasional dan pengunjung, ” kata Li.