Cerita Warga Gunakan Uang Kayu untuk Beli Keju hingga Kalkun

Cerita Warga Gunakan Uang Kayu untuk Beli Keju hingga Kalkun

JAKARTA – Kota Tenino, di Thurston County, Washington, Amerika Serikat menghidupkan kembali mata uang kunonya. Di mana, uang tersebut dibuat dari kayu.

Uang kayu merupakan sebuah sembrono uang di mana ada nilai yang tercetak di atas buah kayu dan mewakili sebuah poin moneter. Mulai digunakan pada 1931 ketika bank-bank di sebuah kota di negara bagian Washington kehabisan uang tunai di tengah Kemunduran Besar.

  Baca pula: Begini Bentuk Uang Kayu dengan Muncul Kembali Gegara Corona

Namun, bagaimana cara penggunaannya?

Mengutip VoA Indonesia, Jakarta, Rabu (24/5/2020), pada suatu kesempatan pada Kota Tenino di negara bagian Washington, Laurie Mahlenbrei berbelanja di supermarket setempat. Dia membeli saus salad keju, mentega, kalkun membunuh, beberapa kaleng makanan anjing manasuka biji-bijian, dan sikat gigi baru yang semuanya berharga USD24, 97.

Baca pula: Ekonomi Merosot Imbas Covid-19, Praja Ini Gunakan Uang Kayu untuk Pembicaraan

Untuk membayarnya, Laurie menyerahkan sepotong semak bertanda USD25 kepada kasir. Peristiwa itu pun layaknya transaksi lazim, dan dirinya berjalan keluar sebab supermarket itu dengan membawa barang-barang belanjaan dalam tas plastik.

Hampir setiap usaha di Kota Tenino, mulai lantaran pom bensin dan bengkel mobil hingga restoran Meksiko Don Juan’s Mexican Kitchen, menerima uang semak itu.

  Baca juga: Berbentuk Uang Kayu, Kota Ini Beri USD300/Bulan ke Warganya

Tempat-tempat usaha bisa menukarkan uang semak itu dengan uang dolar dengan sebenarnya di Balai Kota – atau menjualnya di tempat lain. Beberapa pedagang mengatakan mereka sudah ditawari nilai jual tiga kali nilai nominal oleh kolektor kekayaan dari berbagai penjuru Amerika.

Tenino, dengan warga 1. 800, berjarak sekitar 25 menit dengan kendaraan bermotor ke arah selatan dari ibu kota negara bagian, Olympia.

(rzy)

Loading…