Cari Modal Usaha, dari Tabungan hingga Utang

Cari Modal Usaha, dari Tabungan hingga Utang

JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat sebagian pekerja mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Kini, di antara mereka yang terkena PHK memilih untuk membuka usaha demi tetap mendapatkan penghasilan bulanan.

Dalam memulai bisnis, salah mulia bagian terpenting adalah modal jalan. Jika tak ada itu, mampu dipastikan niat Anda menjadi pebisnis terpaksa diurungkan. Berikut tips-tips untuk mendapatkan modal usaha ketika memulai sebuah bisnis.

Baca Juga: Kunci Sukses Terhindar dari Berantakan

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho menyebut modal usaha dengan paling ideal itu berasal dari tabungan Anda. Namun, tetap kudu memperhatikan dana cadangan, yang mana paling besar hanya 30% dialokasikan untuk modal bisnis.

“Tergantung permodalan yang dibutuhkan buat usaha tersebut. Bila memungkinkan idealnya modal berasal dari tabungan kita sendiri, ” kata Andy pada Okezone, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga: Jelang Resesi, Yuk Bikin Usaha agar Tidak Cuma Andalkan Gaji

Bila tidak ada simpanan, bisa dengan menjual barang atau aset yang Anda miliki kaya tanah, kendaraan dan lainnya. Asalkan itu dinilai amat berbahaya, maka bisa mencoba opsi lain secara cara meminjam uang kepada jodoh atau saudara.

“Dengan meminjam dari kerabat atau teman sehingga tidak perlu terkena kembang pinjaman dan relatif ringan konsekuensinya bila gagal bayar, ” ujarnya.

Dia menambahkan, masa memang tak ingin menjual substansi atau meminjam ke teman, oleh karena itu jalan terakhirnya, yaitu mengajukan pinjaman ke lembaga perbankan.

“Meminjam dari bank bisa di dalam bentuk KUR yang relatif simple administrasinya. Namun bila modal yang dibutuhkan juga sangat besar, oleh sebab itu bisa mengagunkan sertifikat rumah buat mendapatkan pinjaman modal dari bank, ” ujarnya.

(kmj)