Cara Tak Boros saat ke Mal: Tinggalkan Kartu Kredit di Sendi

Cara Tak Boros saat ke Mal: Tinggalkan Kartu Kredit di Sendi

JAKARTA – Memasuki akhir pekan, beberapa orang mau memilih untuk menghabiskan waktu pada mal. Mereka terkadang hanya semata-mata nongkrong di kedai kopi hingga berbelanja di dalam gerai-gerai sentral perbelanjaan.

Di sedang krisis ekonomi yang masih menerjang Indonesia akibat pandemi virus corona atau Covid-19, sebaiknya urungkan niat untuk belanja di mal yang jenisnya konsumtif. Salah satu cara yang paling efektif adalah secara meninggalkan kartu kredit di panti dan membawa kartu debit yang saldonya sudah dialokasikan.

Menyuarakan juga: Detail Pengeluaran Bulanan Mampu Bantu Cash Flow Keluarga

“Sebaiknya hanya angkat kartu debit dan saldonya pula isi sebanyak dana yang sudah dialokasikan. Tinggalkan kartu kredit dengan dimiliki, ” kata Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho kepada Okezone, Jumat (10/7/2020).

Selain itu, lanjut dia, setiap orang pun harus memulai mengatur keuangan dengan jalan mencatat setiap pengeluaran bulanan. Nantinya, dalam catatan itu harus ada alokasi dana yang akan dihabiskan saat berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Baca selalu: Tambal Gaji yang Dipotong Pakai Dana Darurat

“Sebaiknya ketika mulai menerima penghasilan langsung dibuat alokasi dana yang bs digunakan untuk belanja maupun jalan-jalan ke mal, ” ujarnya.

Menurut nya, dalam menghindari pemborosan saat ke mal, oleh karena itu setiap orang harus disiplin di hal menghabiskan uang di kepala. Sebab, jika hanya dicatat & tak dilaksanakan, maka rencana untuk berhemat akan sia-sia.

“Jadi ketika kita masuk kepala, kita sudah tahu berapa banyak uang yang bisa kita habiskan di situ, dan sebaiknya peraturan akan hal tersebut, ” sirih dia.

(kmj)

Loading…