Bahan Menarik Sistem OSS Berbasis Risiko, Jokowi Ancam Penguasa Tak Bersih

fakta-menarik-sistem-oss-berbasis-risiko-jokowi-ancam-pejabat-tak-bersih-1

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peluncuran sistem online single submission (OSS) berbasis risiko. OSS merupakan sistem pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

“Dan dengan mengucap bismillahirohmanirohim pagi hari ini saya resmikan peluncuran sistem online single submission (OSS) berbasis risiko, ” katanya.

Berikut fakta-fakta sistem OSS berbasis efek yang dirangkum Okezone dalam Jakarta, Minggu (15/8/2021):

1. Pembaruan Signifikan dalam Perizinan

Presiden Jokowi mengatakan, OSS berbasis risiko merupakan reformasi yang betul signifikan dalam perizinan. Pada mana, layanan perizinan dilakukan secara online dan melekat dengan paradigma berbasis risiko.

Baca Juga:   Bahlil Tutur Urus Izin Usaha Tidak Perlu Biaya dan Bertemu Menteri

“Jenis perizinan akan disesuaikan dengan tingkat risikonya. Perizinan antara UMKM dengan jalan besar tidak sama. Risiko tinggi perizinan berusaha berbentuk izin. Risiko menengah perizinan berusaha berupa sertifikat pengampu. Dan risiko rendah perizinan berusaha cukup berupa pendaftaran atau nomor induk berusaha dari OSS, ” ungkapnya.

Presiden Jokowi pun mengimbau agar para pengusaha, para investor & pelaku UMKM memanfaatkan OSS ini. Dia mengatakan kalau OSS merupakan layanan super mudah

“Agar meningkatkan volume investasi dan membuka lapangan pekerjaan dengan seluas-luasnya, ” pungkasnya.

2. Asuh Izin Usaha Cuma 5 Menit

Sistem OSS Berbasis Efek diyakini memberikan layanan kemudahan bagi pelaku usaha yang terbagi dalam dua klan besar, yaitu Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Non Usaha Mikro Kecil (non UMK).

Kesenangan sistem sudah dirasakan oleh Onice Waromi selaku karakter UMK asal Papua. Pengusaha olahan sambal ikan kurang dengan nama produk Mace Papua ini telah mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui OSS Berbasis Efek.

Mengaji Juga:   Kini Jaga Izin Usaha di Indonesia Hanya 10 Menit

“Yang mencuaikan ponsel itu 5 menit. Cepat sekali. Sistem OSS yang sekarang sudah elok. Setelah migrasi dari yang sebelumnya ke sistem mutakhir ini sangat cepat sekadar. Saya kan sering sokong teman-teman di Papua buat mengurus izin NIB ini melalui sistem OSS. Bentuk OSS sudah mobile serta praktis sekali, ” sirih Onice dalam keterangan dengan diterima, Kamis (12/8/2021).

3. Membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) Kurang dari 10 Menit

Dengan pelayanan izin berusaha berbasis online ini, bikin Cetakan Induk Berusaha (NIB) tak sampai 10 menit.

Menurut Pengusaha dengan Bergerak di Bidang pengerjaan pupuk organik Yusuf Soplan, peluncuran sistem OSS berbasis risiko lebih sangat melecehkan dan merasa lebih meyakinkan.