5 Fakta Penyaluran Bansos mematok BLT Dipercepat Selama PPKM Level 4

5-fakta-penyaluran-bansos-hingga-blt-dipercepat-selama-ppkm-level-4-1

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bila negeri mempercepat penyaluran bantuan baik (bansos) untuk mengurangi muatan masyarakat dampak Pemberlakuan Penyekatan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Untuk mengurangi bagasi masyarakat akibat berbagai pemisahan mobilitas dan aktivitas sosial ekonomi, pemerintah tetap membakar percepatan dalam penyaluran sandaran sosial, bansos untuk kelompok, ” kata Presiden Jokowi dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Ada berbagai bansos yang sudah dan akan terus disalurkan pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Baik Tunai (BST), dan Tumpuan Langsung Tunai (BLT) Kampung. Selanjutnya, kata Presiden, pemerintah juga akan menyalurkan bantuan untuk usaha mikro & kecil seperti kepada Penyalur Kaki Lima (PKL) serta pemilik warung. Berikut kaum fakta-fakta yang dikumpulkan Okezone tentang percepatan bantuan untuk masyarakat;

Baca Juga: 5 Fakta BLT UMKM Rp1, 2 Juta Cair, Jangan Ingat Siapkan KTP

1. Menkeu Siapkan Rp 1, 6 Triliun untuk Bansos Tunai

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyiapkan anggaran Rp6, 1 triliun untuk memperpanjang program bantuan sosial tunai (BST).

2. Perpanjangan Tarif Elektrik

Negeri memutuskan kembali memperpanjang diskon tarif listrik untuk golongan 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Bantuan yang semula akan berakhir Juli diperpanjang karena pemerintah meresmikan PPKM Darurat.

Baca Juga: Mau Dapat BLT Subsidi Perolehan Rp1 Juta, Ini Syaratnya

3. Dana Desa Diarahkan ke BLT

Dana Desa Tahun Anggaran 2021 diprioritaskan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam rangka membantu umum miskin di desa yang terdampak Covid-19. BLT Tempat diberikan kepada target penyambut sekitar 8 juta tanggungan miskin atau yang tidak mampu dengan besaran Rp300. 000 per kelompok penyambut perbulan dengan total prediksi anggaran sebesar Rp28, 8 triliun.

Kemudian BLT Desa juga mampu dibayarkan secara rapel triwulanan dan kebijakan baru itu kita akan sampaikan pada bulan Juli ini sehingga dalam pelaksanaan PPKM Genting masyarakat bisa mendapatkan terutama di desa tadi yang kelompok petani, pedagang, buruh, nelayan dan juga guru bisa mendapatkan bantuan dengan tepat waktu pada bulan Juli ini, ” nyata Menkeu.