4 Syarat PNS Lakukan Perjalanan Keluar Kota

4 Syarat PNS Lakukan Perjalanan Keluar Kota

JAKARTA berantakan Pemerintah awalnya melarang PNS untuk melakukan perjalanan ke luar daerah melalui Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 46/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Sungguh Daerah dan/atau Kegiatan Mudik dan/atau Cuti Bagi ASN dalam Cara Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Namun dengan adanya SE Pemimpin Pelaksanaan Gugus Tugas Percepatan Pengerjaan Covid-19 No. 4/2020, PNS bisa melakukan perjalanan dinas apabila menutup beberapa kriteria pengecualian dan persyaratan pengecualian sesuai SE Kepala Gugus Tugas.

PNS yang melaksanakan perjalanan dinas harus memenuhi beberapa persyaratan. Berikut persyaratannya, dilansir dari laman Kemenpan RB, Rabu (13/5/2020).

Baca juga: Sri Mulyani: Tidak Semua PNS Bisa THR

Pertama , surat tugas yang ditandatangani oleh minimal pejabat setara eselon 2 atau Kepala Jawatan.

Ke-2 , menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 berdasarkan Polymerase Chain Reaction (PCR) Test/Rapid Test atau surat keterangan sehat yang diperoleh dari dinas kesehatan/rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan.

Ketiga , menunjukkan identitas diri yang sah dan masih berlaku selama perjalanan dinas dilakukan.

Keempat , ASN itu harus melaporkan rencana perjalanan yang meliputi jadwal keberangkatan, jadwal bilamana berada di daerah penugasan, mengikuti waktu kepulangan atas perjalanan jawatan yang dilakukan.

Apabila ASN yang diberikan tugas tersebut telah memenuhi Kriteria Pengkhususan dan Persyaratan Pengecualian serta melakukan persyaratan yang telah ditentukan, oleh sebab itu ASN tersebut dapat melaksanakan kunjungan dinas sesuai dengan tugas dengan diberikan.

(wdi)

Loading…