2 Sektor yang Bisa Selamatkan Ekonomi Indonesia dari Resesi

2 Sektor yang Bisa Selamatkan Ekonomi Indonesia dari Resesi

JAKARTA awut-awutan Dalam pertumbuhan ekonomi negara, penggunaan rumah tangga dan investasi mempunyai peran yang sangat penting. Sumbangsih yang diberikan dari konsumsi kendati mencapai 58% dan investasi kira-kira 30%.

Menurut Pengkaji Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Fajar B Hirawan mengaku optimis mengenai pertumbuhan ekonomi pada kuartal III yang hendak tumbuh positif atau minimal 0% sejak adanya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Selain itu, dirinya menambahkan bahwa pressure yang dilakukan oleh pemerintah zaman ini sudah tepat terkait besar hal tersebut. Namun, dalam situasi ini yang menjadi catatan yakni mulai dari bantuan sosial (bansos), bantuan UMKM hingga subsidi risiko pekerja.

“Karena tersedia beberapa pihak yang menyebutkan kalau memang fokus utama dari sendi tangga saat ini mungkin bukan konsumsi tapi mereka berusaha buat melakukan investasi khususnya portofolio investasi sekarang semakin mudah, ada sokongan reksa, dan lain sebagainya yang tinggal menggunakan aplikasi, ” membentangkan Fajar.

Mengaji Selengkapnya: 2 Sektor Penentu Ekonomi Indonesia, Resesi atau Selamat?

(fbn)